Halaman

Selasa, 22 Oktober 2013

Pemetaan Lokasi Keramba Teluk Bumbang


Tidak hanya lautan, pegunungan, hutan, pemukiman, persawahan namun keramba yang ada di tengah lautpun dapat dipetakan. Pemetaan keramba ini bertujuan untuk mengetahui jumlah keramba yang berada di Teluk Bumbang yang mana berkaitan dengan hasil tangkapan lobster di teluk bumbang, dengan mengetahui jumlah pasti keramba maka dapat dikaitkan dengan hasil tangkapan nelayan.

Pemetaan keramba dilakukan menggunakan GPS, kapal/sampan nelayan dan alat tulis. Untuk melakukan pemetaan lokasi keramba, kita harus memarking seluruh keramba yang ada dengan catatan titik marking harus sama di setiap kerambanya misalkan ketika mengambil titik pojok kanan maka setiap keramba harus titik pojok kanan juga hal ini bertujuan untuk mempermudah tata letak keramba ketika sudah menjadi peta. Selain marking yang dilakukan juga menghitung jumlah pocong (karung bekas yang digantung dikeramba) disetiap kerambanya serta menanyakan pemilik dari keramba.

Hasil dari pemetaan keramba tersebut adalah 251 unit keramba di teluk bumbang. Perhitungan jumlah keramba tersebut dilakukan 3 tahap, tahap pertama pada tanggal 31 Agustus 2013 dengan jumlah keramba yang tercatat sebanyak 49 unit keramba.  Pengambilan data tahap kedua pada tanggal 3-5 September 2013, dengan jumlah keramba yang tercatat sebanyak 202 unit keramba.
Aktivitas nelayan di keramba

Keramba di Teluk Bumbang

Keramba yang mengalami kerusakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar