Halaman

Selasa, 22 Oktober 2013

Monitoring Lobster Teluk Bumbang

Setelah beberapa bulan gak buka blog ternyata oh ternyata hasrat menulis ini semakin tinggi, saatnta berbagi informasi mengenai laut dan seisinya, beberapa bulan ini ada banyak hal yang saya lakukan mulai dari nongkrong di pinggir pantai mendata hasil tangkapan petani lobster sampai berlayar ketengah laut mengambil sample air.

Wawancara hasil tangkapan dengan nelayan Lobster
Santai santai dapat gurita

Pengambilan Sample air
Sebenarnya terlihat sederhana sih apa yang saya lakukan hanya duduk manis dipinggir pantai menunggu nelayan datang dan menanyakan hasil tangkapannya berapa hari ini?, biaya 1 x melaut berapa?, hasilnya dijual kemana?, harga berapa? dan masih banyak lagi hal-hal yang di tanyakan. Kenapa  menanyakan hal-hal yang mungkin sebagian orang menganggap ini tidak penting, namun bagi kami ini adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pola musiman lobster, mengukur tingkat pemanfaatan lobster dan menduga stok alami lobster. Penenelitian dilakukan di Teluk Bumbang Dusun Bumbang Desa Mertak Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Metode yang dilakukan dalam pengambilan data hasil tangkapan lobster ini adalah dengan metode wawancara yaitu dengan menayakan nelayan yang ada. Untuk mengetahui tujuan diatas pengambilan data hasil tangkapan lobster dilakukan setiap bulan, selama 3 hari pada bulan gelap (pada tanggal 27, 28 dan 29 Kalender Lunar) dan 3 hari pada bulan terang (pada tanggal 14, 15 dan 16 Kalender Lunar). 
Hasil tangkapan lobster pasir berukuran 7-10 cm

Pemeliharaan lobster di dalam keramba

Bibit berukuran 7-10 cm didalam keramba

Hasil tangkapan berukuran 2-3 cm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar