Halaman

Jumat, 19 Juli 2013

POCONG sumber penghidupan Masyarakat Teluk Grupuk!


 Pemandangan Teluk Grupuk yang berlokasi di desa Kuta Kecamatan Pujut Lombok Tengah
Yang kita ketahui POCONG adalah hantu yang dibungkus dengan kain kafan yang bangkit dari kuburnya, namun di grupuk pocongnya sangat berdeda, pocong disini sangat membantu kehidupan warganya. Pocong di grupuk adalah suatu metode atau alat yang digunakan untuk menangkap benih lobster, bahan pembuatan pocong ini sendiri adalah terbuat dari karung bekas yang dirobek-robek sehingga membentuk rumbai-rumbai yang mana bagian atasnya diikat seperti pocong dan dibawahnya diberikan pemberat agar bisa tenggelam di kolom air dan pocong-pocong ini digantungkan di keramba, 1 keramba berisi sekitar 100 pocong. 

ini adalah pocong yang berada di teluk grupuk dan yang berwarna coklat merupakan  pemberat yang digunakan untuk menenggelamkan pocong.

POCONG disini sangatlah efektif untuk menangkap benih lobster yang berada di teluk grupuk 1 kramba dengan isi 100 pocong dapat menghasilkan 50-100 ekor benih lobster dapat di asumsikan 1 pocong ditempeli oleh 1 benih lobster dengan ukuran 1-2 cm. dari benih yang menempel inilah masyarakat yang berada di teluk Grupuk sebagian memanfaatkannya sebagai penghasilan utama. Hasil yang didapat dari mengumpulkan bibit yang menempel di pocong sangatlah lumayan, bayangkan saja 1 ekor bibit lobster dijual dengan harga 2500 per benihnya, diasumsikan 1 orang memiliki 1 keramba dan 1 kerambanya dapat menghasilkan 50 benih perharinya, berarti pendapatan 1 orang mencapai Rp. 125.000,00 per hari jika 1 bulan pendapatan masyarakat mencapai Rp. 3.750.000,00. 


Ibu-ibu Ngerap (pengambilan benih Lobster pada POCONG di kramba)

Selain dijual langsung benih lobster yang ditangkap di pelihara hingga ukuran 5 jari (7-10 cm) sampai ukuran siap konsumsi yaitu dengan berat 1-2 ons harga jualnya pun berbeda, untuk ukuran 5 jari harga jual mencapai Rp. 7.000- Rp 9.000 sedangkan kalau sudah mencapai ukuran 1-2 ons harga jualnya per kg dengan harga Rp. 425.000,00 per kg dengan isi 2-4 lobster siap konsumsi.


Gambar di atas merupakan ukuran lobster dengan berat 1-2 ons harga jual mencapai Rp. 425.000,- per kilo gramnya.

Lobster adalah salah satu  hewan yang  berbentuk unik seolah gabungan udang dan kepiting karena mirip udang berukuran besar dengan capit mirip kepiting yang besarnya hampir menyamai badannya. Lobster memiliki kandungan gizi yang sangan bagus untuk tubuh, namun ketersediaan lobster dialam semakin lama semakin berkurang sehingga kita perlu menjaga kelestariannya.
 





3 komentar: